Akademik

Dalam rangka menunjang proses belajar, kami memfasilitasi siswa dengan berbagai program yang berkualitas menyesuaikan minat dan bakat

Pedoman Akademik MTs Muhammadiyah Batang akan direvisi mengikuti perkembangan Peraturan Pemerintah Pusat dan Daerah menyangkut implementasi kurikulum. Berdasarkan ketentuan pada Standar Isi, Struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs Muhammadiyah Batang adalah sebagai berikut.

Struktur Kurikulum
Standar Kompetensi Lulusan

Dimensi

Kualifikasi Kemampuan

Sikap

  • Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, madrasah, dan tempat bermain. 
  • Menjalankan ajaran agama Islam yang baik dan benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW dan berdasarkan pada Al Qur’an dan Sunnah.

Pengetahuan

  • Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, madrasah, dan tempat bermain. 
  • Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.
  • Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif.
  • Menghafalkan Juz 30 dan Juz 29.
  • Menterjemahkan Juz 1 (QS. Al Baqarah Ayat 1-36).  

Keterampilan

  • Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan apa yang sedang dipelajari.
  • Memiliki ketrampilan dalam berkreasi dalam satu bidang yang ditekuni.
  • Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya dalam bingkai kebinekaan global.
Target Khusus Peserta DIdik MTs Muhammadiyah Batang

Target Pencapaian Kompetensi Tahfidz Qur’an Kelas Tahfidz

No

Kelas

Target Pencapaian Kompetensi

1.

Kelas 7

Semester 1: QS. Al-Baqarah ayat 1-20

Semester 2: QS. Al-Baqarah ayat 21-40

2.

Kelas 8

Semester 1: QS. Al-Baqarah ayat 41-60

Semester 2: QS. Al-Baqarah ayat 61-80

3.

Kelas 9

Semester 1: QS. Al-Baqarah ayat 81-100

Semester 2: QS. Al-Baqarah ayat 101-120

Target Pencapaian Kompetensi Tahfidz Qur’an Kelas Reguler

No

Kelas

Target Pencapaian Kompetensi

1.

Kelas 7

Semester 1: QS. An Naas s.d. Ad Dhuha (Jilid 3)

Semester 2: QS. Al Lail s.d. Al Balad (Jilid 3)

2.

Kelas 8

Semester 1: QS. Al Fajr s.d. At Tariq (Jilid 2)

Semester 2: QS. Al Buruj s.d. Al Muthoffifin (Jilid 2)

3.

Kelas 9

Semester 1: QS. Al Infitar s.d. Abasa (Jilid 1)

Semester 2: QS. An Nazi’at s.d. An Naba’      (Jilid 1)

Target Pencapaian Program Baca Al Qur’an (Takhasus)

No

Kelas

Target Pencapaian Kompetensi

1.

Kelas 7

  • 50% Peserta didik, pada akhir semester genap sudah bisa membaca Iqra’ s.d. jilid 4.
  • 30% Peserta didik, pada akhir semester genap sudah bisa membaca Iqra’ s.d. jilid 6.
  • 20% Peserta didik, pada akhir semester  genap sudah bisa membaca Al Qur’an.

2.

Kelas 8

  • 40% Peserta didik, sudah lancar membaca Al Qur’an.
  • 40% Peserta didik, sudah bisa membaca Al Qur’an secara baik dan lancar sesuai ilmu tajwid.
  • 20% Peserta didik, sudah bisa membaca Al Qur’an secara tartil.

3.

Kelas 9

  • 20% Peserta didik mampu membaca Al Qur’an dengan baik dan benar dan menguasai kaidah ilmu tilawah.
  • 80% Peserta didik mampu membaca Al Qur’an secara baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid.

Target Pencapaian Program Terjemahan

No

Kelas

Target Pencapaian Kompetensi

1.

Kelas 7

Surat Al Fatihah & Al Baqarah ayat 1 – 15

2.

Kelas 8

Surat Al Baqarah ayat 16 – 25

3.

Kelas 9

Surat Al Baqarah ayat 26 – 36

Kehadiran Peserta Didik
  1. Peserta didik diwajibkan selalu hadir dan mengikuti seluruh proses kegiatan dan pembelajaran di madrasah.
  2. Peserta didik yang tidak berangkat, harus memberikan informasi kepada pihak madrasah.
  • Jika ijin keperluan keluarga, minimal harus telepon melalui wali kelas dan menulis surat ijin setelah masuk kembali.
  • Jika sakit, orang tua menelpon wali kelas terlebih dahulu dan melampirkan surat keterangan dokter dibawa setelah masuk kembali.
Tugas Mandiri Terstruktur & Tidak Terstruktur
  1. Tugas Madiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur adalah pekerjaan yang harus diselesaikan oleh peserta didik di rumah dengan atau tanpa bantuan orang tua dan dikumpulkan sesuai kesepakatan.
  2. Tugas Madiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur dinilai oleh guru dan hasilnya dibagikan kepada peserta didik/orang tua.
  3. Peserta didik yang tidak mengumpulkan Tugas Madiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur sesuai kesepakatan akan mempengaruhi nilai akademik peserta didik.
Formatif Harian atau Penilaian Sub Tema
  1. Formatif harian dilaksanakan setelah peserta didik menyelesaikan satu atau beberapa kompetensi dasar.
  2. Pelaksanaan Formatif Harian diberitahukan kepada peserta didik dan orang tua peserta didik melalui WA.
  3. Peserta didik yang tidak mengikuti Formatif  Harian karena alasan tertentu dapat mengikuti Penilaian susulan.
  4. Hasil dan Formatif  Harian dinilai dan hasilnya dibagikan kepada peserta didik ditanda tangani orang tua serta dikembalikan kepada guru mata pelajaran masing-masing.
  5. Peserta didik yang tidak tuntas atau mendapat nilai di bawah KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) wajib mengikuti program remedial (remedial teaching dan remedial test).
  6. Peserta Didik yang tuntas mendapatkan nilai sama atau lebih dari KKTP akan mengikuti Program Pengayaan.
Remedial Teaching & Remedial Test
  1. Remedial teaching diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai bawah KKTP pada saat Formatif Harian (50% Peserta Didik nilainya di bawah KKTP).
  2. Remedial teaching dilaksanakan sebelum pelaksanaan remedial test.
  3. Kesempatan remedial test hanya diberikan dua kali untuk setiap test.
  4. Waktu pelaksanaan remedial test di informasikan di depan peserta didik atau ditempel di papan informasi madrasah.
  5. Nilai remedial test maksimal sama dengan nilai KKTP.
Pengayaan
  1. Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang memiliki prestasi sangat baik. (Nilai kognitif sama atau melebihi)
  2. Pengayaan diberikan untuk seluruh mata pelajaran.
  3. Waktu pengayaan akan diinformasikan kepada peserta didik di depan kelas atau ditempel di papan informasi madrasah.
Assesment Sumatif Akhir Semester (ASAT)
  1. ASAS dilakukan pada tiap akhir semester gasal.
  2. Materi ASAS meliputi seluruh kompetensi dasar pada semester tersebut.
  3. ASAS diberitahukan dan dilaksanakan secara terjadwal.
  4. Peserta didik selalu membawa kartu peserta ASAS selama pelaksanaan ASAS.
  5. Kartu peserta ASAS diambil oleh peserta didik sendiri di Tata Usaha atau wali kelas sebelum pelaksanaan ASAS.
  6. Peserta didik yang tidak mengikuti ASAS atas alasan yang bisa dipertanggungjawabkan, dapat mengikuti ASAS susulan.
  7. Hasil ASAS dinilai dan dibagikan kepada peserta didik/ orang tua pada saat penerimaan rapor.
  8. TIDAK ADA program remedial bagi peserta didik yang tidak tuntas atau mendapat nilai di bawah KKTP.
Assessment Sumatif Akhir Tahun (ASAS)/ Kenaikan Kelas
  1. ASAT dilakukan pada akhir semester genap.
  2. Materi ASAT meliputi seluruh kompetensi dasar pada semester tersebut.
  3. ASAT diberitahukan dan dilaksanakan secara terjadwal.
  4. Peserta didik selalu membawa kartu peserta ujian  selama pelaksanaan ASAT.
  5. Kartu peserta ASAT diambil oleh peserta didik sendiri di tata usaha (Tata Usaha) atau wali kelas sebelum pelaksanaan ASAT.
  6. Peserta didik yang tidak mengikuti ASAT dapat mengikuti ASAT susulan.
  7. Hasil ASAT dinilai dan dibagikan kepada peserta didik/orang tua pada saat penerimaan Raport.
  8. TIDAK ADA program remedial bagi peserta didik yang tidak tuntas atau mendapat nilai di bawah KKTP.
Assessment Madrasah
  1. Dilaksanakan bagi peserta didik kelas IX pada semester genap.
  2. Materi AM meliputi seluruh mapel dan seluruh kompetensi dasar pada semester 1 s.d 5.
  3. AM dilaksanakan secara tertulis dan atau praktek.
  4. Hasil AM menjadi salah satu penentu kelulusan dari MTs Muhammadiyah Batang.
Pengelolaan Nilai Rapor
  1. Nilai rapor peserta didik kelas IX dengan pengolahan : Nilai semester I dan II = (80% (FH + STS + TUGAS) + 20% ASAT)
  2. Ketentuan pengolahan rapor mengikuti pedoman penilaian sikap spiritual, sikap sosial dan pengetahuan.
Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK)
  1. Dilaksanakan bagi peserta didik kelas VIII pada semester gasal.
  2. Materi terdiri atas Literasi dan Numerasi.
  3. Peserta ANBK hanya perwakilan peserta didik yaitu sebayak 45 peserta inti dan 5 peserta cadangan yang di acak oleh sistem ANBK.
Pengolahan Nilai Ijazah

Nilai ijazah terdiri atas:

  1. Nilai rapor (nilai rapor) merupakan rerata nilai rapor peserta didik dari kelas VII s.d. kelas IX semester ganjil (semester 1 s.d. semester 5)
  2. Nilai Asesmen Madrasah (NAM) merupakan nilai hasil ujian madrasah yang dilakukan peserta didik.
  3. Nilai Madrasah (NM) merupakan hasil penggabungan pembobotan NR dan NAM sesuai ketentuan dari Kantor Kementerian Agama Kab. Batang.
Kenaikan Kelas
Agenda Akademik

No

Time Line/Waktu

Keterangan

1

15 Juli 2024

Hari pertama masuk Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025

2

15-20 Juli 2024

Rentang waktu FORTASI

3

15-20 Juli 2024

MATRIKULASI (Literasi, Numerasi, BTA dan Peraturan & SOP Madrasah)

4

Awal Agustus 2024

Kemah Pandu Hizbul Wathan

5

17 Agustus 2024

HUT Kemerdekaan RI

6

2-5 September 2024

Gladi Bersih Asesmen Nasional Kelas 8

7

9-12 September 2024

Pelaksanaan Asesmen Nasional Kelas 8

8

September 2024

STS Kelas VII, VIII & IX

9

16 September 2024

Maulid Nabi Muhammad SAW

10

Oktober 2024

Outbond Semester Gasal 

11

Oktober 2024

POPDA Tingkat Kabupaten

12

18 Nov – 7 Des 2024

Asesmen Sumatif Akhir Semester Gasal

13

9-12 Desember 2024

Classmeeting

14

21 Desember 2024

Penyerahan Rapor Semester Gasal

15

23-31 Desember 2024

Libur Semester Gasal

16

25 – 26 Desember 2024

Hari Raya Natal dan Cuti Bersama

17

1 Januari  2025

Tahun Baru Masehi dan Milad MTs Muhammadiyah Batang Ke-50 Tahun

18

2 Januari 2025

Awal masuk semester genap TP 2024/2025

19

3 Januari 2025

HAB Kementerian Agama

20

Januari 2025

P5 Kibar Kreasi dan Kewirausahaan

21

27 Januari 2025

Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W

22

29 Januari 2025

Tahun baru Imlek 

23

28 Februari 2025

Libur sebelum 1 Ramadhan 1446 H

24

1-2 Maret 2025

Libur Awal Ramadhan 1446 H

25

11 Maret 2025

Hari Raya Nyepi 1946 Saka

26

6-24 Maret  2025

Perkiraan rentang waktu Asesmen Madrasah jenjang MA/MAK

27

6-8 Maret 2025

Pesantren Ramadhan Kelas VII, VIII dan IX

28

10-22 Maret 2025

STS Semester Genap Kelas VII, VIII dan ASAT Kelas 9

29

25 Maret – 5 April 2025

Libur Sebelum dan Sesudah Idul Fitri 1446 H

30

31 Maret – 1 April 2025

Hari Raya Idul Fitri 1446 H

31

18 April 2025

Wafat Yesus Kristus

32

21April – 3 Mei 2025

Perkiraan rentang waktu Asesmen Madrasah (AM)  jenjang MI dan MTs

33

1 Mei 2025

Hari Buruh Nasional

34

2 Mei 2025

Hari Pendidikan Nasional 

35

12 Mei 2025

Hari Raya Waisak 2569 BE

36

20 Mei 2025

Hari Kebangkitan Nasioanal

37

Mei 2025

Karantina Ujian Tahfidz Kelas IX

38

Mei 2025

Ujian Tahfidz Kelas IX

39

Mei 2025

OSN (Olympiade Sains Nasional)

40

26 Mei – 14 Juni 2025

Asesmen Sumatif Akhir Semester Genap

41

29 Mei 2025

Kenaikan Yesus Kristus 

42

1 Juni 2025

Hari Lahir Pancasila

43

Juni 2025

Akhirussanah

44

Juni 2025

KSM (Kompetisi Sains Madrasah)

45

7 Juni 2025

Hari Raya Idul Adha 1446 H

46

21 Juni 2025

Pembagian rapor semester genap

47

23 Juni – 13 Juli 2025

Libur pembelajaran akhir tahun pelajaran

48

27 Juni 2025

1 Muharram 1447 H

Kalender Akademik
SOP Guru dan Siswa